Home / Blog / Kebakaran Baterai Lithium Walkie-Talkie Menghancurkan Jembatan Tanker Minyak Seberat 50,000 Ton, Kerugian $3 Juta

Kebakaran Baterai Lithium Walkie-Talkie Menghancurkan Jembatan Tanker Minyak Seberat 50,000 Ton, Kerugian $3 Juta

23 Nov, 2023

By hoppt

Pada tanggal 9 November 2023, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) merilis laporan investigasi atas kejadian kebakaran di kapal tanker minyak "S-Trust" yang terjadi pada 13 November 2022.

Kebakaran terjadi di anjungan kapal saat merapat di Terminal Baton Rouge Genesis Port Allen di Louisiana sekitar pukul 3 waktu setempat. Syukurlah, tidak ada korban jiwa atau polusi, namun jembatan tersebut rusak parah, termasuk sistem navigasi, komunikasi, dan alarm, yang mengakibatkan kerugian diperkirakan sebesar $30 juta.

Penyelidikan mengungkapkan, sekitar pukul 3, sebuah video merekam kilatan cahaya oranye di stasiun komunikasi, disusul asap. Baterai dan pengisi daya radio genggam disimpan di area ini.

Kilatan cahaya oranye kedua terjadi di area yang sama pada pukul 3, setelah itu sebuah benda terbakar dan jatuh ke tanah, terus menyala. Tujuh menit kemudian, api semakin besar, membuat kamera tidak bisa dioperasikan.

Pasca kejadian, penyelidik menemukan sisa-sisa tiga baterai di area tersebut – satu baterai nikel-metal hidrida dan dua baterai lithium. Meskipun inti dari nikel-logam hidrida dan satu baterai litium telah ditemukan, inti dari baterai litium lainnya tidak ditemukan.

Ledakan baterai litium-ion sering kali disebabkan oleh pelepasan panas, yaitu reaksi kimia yang menyebabkan kebakaran dan ledakan. Kerusakan, korsleting, panas berlebih, cacat, atau pengisian daya berlebihan dapat memicu pelepasan panas, menghasilkan suhu melebihi 1100°F dan menyulut bahan mudah terbakar di sekitarnya.

Penyelidik menyimpulkan bahwa kebakaran tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh pelepasan panas dari baterai litium yang hilang. Namun, tanpa memeriksa inti baterai yang hilang dan meledak, penyebab pasti pelepasan panas awal masih belum dapat ditentukan.

NTSB menyoroti potensi risiko baterai lithium di kapal, dengan menyarankan: 1) kepatuhan terhadap instruksi pemeliharaan dan perawatan dari pabrik; 2) penanganan baterai rusak yang benar; 3) menghindari pengisian daya di lingkungan tanpa pengawasan; 4) menjauhkan baterai dan pengisi daya dari sumber panas dan bahan yang mudah terbakar. Jika terjadi kebakaran baterai lithium, air, busa, karbon dioksida, atau alat pemadam bubuk kering lainnya untuk kebakaran Kelas A dapat digunakan. Jika kebakaran baterai tidak dapat dikendalikan, biarkan baterai menyala secara terkendali, pantau baterai di sekitar untuk mengetahui adanya pelepasan panas, dan singkirkan bahan yang mudah terbakar.

Informasi latar belakang:

  • S-Trust Tanker: Dibangun pada tahun 2005, mengibarkan bendera Liberia, dimiliki oleh New Trend, dan dikelola oleh Stalwart Management.

Sumber: Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

tutup_putih
menutup penjualan

Tulis pertanyaan di sini

membalas dalam waktu 6 jam, pertanyaan dipersilakan!